Nah, setelah tahu adanya menu Kupon, pasti bingung dengan cara membuat kupon. Nah, Berikut langkah-langkah untuk membuat Kupon :


Pada saat kamu menekan tombol "Buat Kupon" pada menu Kupon, maka akan muncul tampilan seperti yang ada diatas. Terdapat 5 kolom yang harus diisi, Kampanye, Tipe (Kupon), Code, Kadaluarsa, Diskon. Berikut penjelasan singkat mengenai Kolom-Kolom tersebut :


  • Kampanye, pada kolom ini kamu wajib memilih salah satu dari Kampanye akttif yang kamu miliki untuk diberikan kupon. Sehingga pada saat seseorang akan membeli Kampanye kamu yang telah dipilih untuk disisipi kupon, seseorang tersebut bisa mendapatkan potongan harga sesuai dengan yang telah kamu tentukan sebelumnya.
  • Tipe, pada kolom ini kamu akan diberikan 3 pilihan tipe kupon. Kamu wajib memilih salah satunya. Berikut penjelasan singkat mengenai setiap tipe tersebut :

    1. One-Time Coupon, seperti namanya, Kupon ini hanya dapat digunakan 1 kali dalam 1 kampanye. Serta hanya dapat digunakan jika Juragan telah mencapai 7 penjualan dalam kampanye tersebut. Nah yang perlu diingat, bahwa Kupon ini menggunakan Profit yang ada di Juragan sendiri. Contoh, Setelah menjual 7 pcs dalam 1 kampanya dan Juragan mendapatkan profit sebesar Rp.210.000, lalu ada konsumen selanjutnya yang menginginkan Potongan harga sebesar Rp.40.000, maka biaya tersebut akan dipotong dari Profit yang Juragan dapatkan. Jadi gunakanlah dengan bijak.
    2. Nominal /Order, Tipe Kupon ini dapat digunakan jika Juragan ingin memberikan potongan harga kepada konsumen disetiap ordernya per kampanye. Ilustrasinya, jika Juragan membuat Kupon /Order dengan nominal Rp.10.000 /Order, maka berapapun jumlah item yang di beli oleh konsumen hanya akan dikenakan potongan Harga sebesar Rp.10.000 saja dalam 1 order tersebut.
    3. Nominal /Pcs, Tipe Kupon ini dapat digunakan jika Juragan ingin memberikan potongan harga kepada konsumen dalam bentuk satuan item per kampanye. Contoh, Juragan membuat Kupon /Pcs dengan nominal Rp.5.000 /Pcs, Kupon ini dapat digunakan oleh konsumen yang hanya membeli 1 buat item dalam kampanye yang dipilih Juragan saat membuat Kupon tersebut. Namun konsumen dapat menggunakannya dengan jumlah item lebih dari 1 buah. Sehingga jika konsumen membeli 3 buah item dalam kampanye yang sama, maka potongan harga yang didapatkan konsumen adalah sebesar Rp.15.000.
  • Kode, pada kolom ini kamu harus mengisikan kode kupon yang akan kamu bagikan. Contoh, SRG001.
  • Kadaluarsa, pada kolom ini kamu wajib mengisi tanggal, hingga kapan sih kupon yang kamu buat akan berlaku. Kamu tidak ingin 'kan kupon yang kamu buat disalah gunakan nantinya. Jadi, tentukan kapan berakhirnya masa dari kupon yang kamu buat agar langsung hilang setelah masanya telah habis.
  • Diskon, pada kolom ini kamu dapat menentukan berapa jumlah diskon atau potongan harga yang ingin kamu berikan pada setiap kuponnya. Nominal yang kamu masukan ini berlaku pada setiap pembeli yang menggunakan kode kupon yang kamu bagikan pada kupon tertentu. Contoh, kamu menentukan Kode Kupon SRG001 adalah kupon dengan potongan bernominal Rp.5.000, lalu seseorang telah memakai kupon ini pada kampanye yang telah ditentukan sebelumya peruntukannya yang kemudian mendapatkan potongan harga sebesar Rp.5.000. Kemudian seseorang lainya juga memakai kode dan tentunya orang tersebut pun akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp.5.000 juga.

Nah, setelah kamu mengisi semua kolom tersebut, tekan tombol "Buat" untuk membuat kupon tersebut. Lalu akan muncul informasinya pada menu Kupon.